Keutamaan ilmu dalam beribadah

Keutamaan ilmu dalam beribadahSeseorang yang berilmu tidaklah sama dengan orang-orang yang tidak berilmu. Orang yang berilmu akan melakukan ibadahnya kepada Allah dengan sebaik-baiknya ibadah,  karena dia tahu bahwa hanya Allah yang berhak disembah dan hanya melalui tuntunan Rasulullah ibadah itu akan diridhai dan diterima oleh Allah.

 

 

Sedangkan orang-orang yang tidak berilmu, ibadahnya tidak akan sebaik orang yang berilmu. Sehingga, meski sama-sama beribadah mendapatkan pahala ibadah yang berbeda.

 

 

Dengan memahami keutamaan ilmu seorang hamba akan bisa beribadah kepada Rabbnya di atas bashirah. Maka hatinya pun terpikat dengan ibadah dan menjadi terang dengan ibadah itu. Orang yang berilmu melaksanakan ibadah sebagai ibadah, bukan hanya sebagai rutinitas. Oleh karena itu, diwajibkan oleh kita sebagai umat muslim untuk menuntut ilmu.

 

 

Dan Keutamaan-keutamaan mempelajari ilmu adalah sebagai berikut:

 

 

1.     Menuntut ilmu merupakan hal wajib bagi umat muslim

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Rasulullah SAW bersaba :

“Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap mulim.”[HR. Ibnu Majah, no.224]

Dengan menuntut ilmu khususnya ilmu Agama, kita akan beribadah dan beramal sesuai dengan syariat islam yang benar, tidak asal-asalan beribadah mengikuti orang lain. Barangsiapa yang tidak berlandaskan ilmu dalam beramal, maka amalannya bisa saja tidak diterima oleh Allah SWT.


2.      Ilmu sebagai Bukti Allah Memberikan Hidayah Kebaikan Pada Umatnya

Allah SWT memberikan ilmu untuk kita pelajari sebagai hidayahnya serta untuk Kebaikan pada umatnya. Bagi mereka yang merasa jauh dari hidayah Allah, segeralah untuk mempelajari Ilmu-ilmu agama.

Rasulullah SAW bersabda  :

“Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Dia akan memahamkan baginya agama (islam)” (HR Bukhari no. 2948 dan Muslim no. 1037)

Imam Ibnu Hajar al-’Asqalaani berkata: “Dalam hadis di atas terkandung keterangan yang jelas mengenai keutamaan orang-orang yang berilmu di atas semua manusia, dan keutamaan dalam mempelajari ilmu agama di atas ilmu-ilmu lainnya.” (Fathul Baari (1/165)

 

3.      Orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan Jalan Menuju Surga

Keutamaan orang yang menuntut ilmu yang paling utama adalah dimudahkannya jalan menuju surganya. Karena dengan berilmu kita bisa beribadah kepada Allah dengan benar.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa pada masa hidupnya menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga.”(HR. Muslim)

Hidup di dunia ini tidaklah selamanya, karena itu kita juga memerlukan bekal di akhirat nanti. Bekal itu yang paling utama adalah Ilmu.

 

4.      Orang berilmu adalah Orang Yang Paling Takut Kepada Allah

Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambaNya adalah ulama…”(QS. Fathir: 28)

 

Ayat diatas dengan jelas menjelaskan bahwa semakin tinggi seseorang menuntut ilmu maka ia akan menjadi lebih takut kepada Allah dibandingkan orang yang tidak mau menuntut ilmu. Karena dengan semakin banyak kita menuntut ilmu, kita akan semakin memahami kebesaran-Nya.

 

Para ulama salaf juga berkata:

“Barangsiapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah”

 

Takut kepada Allah bukan berarti kita harus menjauhinya, sebaliknya kita harus lebih  mendekatkan diri kepada Nya agar dijauhkan dari api neraka dan adzabnya.

 

5.      Orang Yang Menuntut Ilmu Pahalanya Akan Mengalir

Diantara keutamaan orang yang berilmu dan mau mengajarkan ilmunya adalah pahalanya akan terus mengalir meskipun ia telah meninggal dunia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :

“Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali tiga hal, dari sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak sholeh yang mendoakannya.”(HR.Muslim)


6.      Allah Akan Mengangkat Derajat Orang Yang Berilmu

Ada suatu kisah pada zaman dahulu. Ada seseorang yang lehernya cacat dan selalu menjadi bahan ejekan dan tertawaan. Kemudian ibunya berkata “hendaklah engkau menuntut ilmu, Maka Allah SWT akan meninggikan derajatmu.” Sejak saat itulah, orang itu mempelajari ilmu hingga ia menjadi orang yang alim dan berilmu. Kemudian hari ia diangkat menjadi Qadhi (hakim) di Mekah untuk waktu 20 tahun.  Jika ada orang berperkara duduk dihadapannya, maka gemetarlah sekujur tubuhnya.

Allah SWT berfirman :

“Allah akan mengangkat derajat orang-orang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberikan ilmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian lakukan. (QS. Al-Mujadillah : 11)

 

Selain keutamaan dalam menuntut ilmu diatas, ada pula keutaman dari ilmu itu sendiri yang melebihi dari keutamaan harta.


Ibnul Qayyim menyebutkan :

  • Ilmu akan terus menemani pemiliknya meski ia telah meninggal dunia. Adapun harta, hanya dari sedekahlah yang akan terus menemaninya.
  • Ilmu menjadi hakim yang menghukumi harta manusia.
  • Harta bisa dimiliki oleh orang yang jahat atau baik, muslim atau non muslim. Namun ilmu yang bermanfaat hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman.
  • Orang yang berilmu dibutuhkan oleh raja dan orang yang dibawah mereka, sedangkan orang berharta dibutuhkan oleh orang-orang miskin.
  • Harta menyeru manusia kepada dunia, sedangkan ilmu menyeru untuk beriadah kepada Allah.

 

Jangan pernah lelah untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Semakin tinggi ilmu yang kita pelajari akan semakin dekat dan lebih mengenal Allah. Melalui ilmu hikmah ini Anda juga telah dianggap sebagai orang yang mencari atau menuntut Ilmu.

 

Semoga Anda selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah SWT dalam perjalanan Anda menuntut ilmu.

 

 

 

 

 

Alamat Kantor Kami

Perum Pankis Griya - Rumah No. 1

Jl. Pakis Raya, RT.01 RW.06,

Jepang Pakis, Jati, Kudus,

Jawa Tengah, Indonesia - 59342

Telepon: 0291-4101834

 

Jam Kerja

Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Sebelum datang, telepon dulu.

 

Call Center 1

Telepon & SMS : 082223338771

WhatsApp : 082223338771

Email : [email protected]

Call Center 2

Telepon & SMS : 085712999772

WhatsApp : 085712999772

Email : [email protected]

 

*Note : Kode area Indonesia (+62)
Contoh : +6282223338771

 

Untuk respon cepat silahkan

Telepon/SMS

 

Praktek Supranatural Resmi

Terdaftar di Dinas Kesehatan & Kejaksaan Negeri (KEJARI)

STPT DINKES: 445/515/04.05/2012

KEJARI: B-18/0.3.18/DSP.5/12/2011

Lihat Bukti Legalitas - Klik Disini